Cara Menjalankan File PHP

Cara Menjalankan File PHP (*.php)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Pembahasan kali ini adalah tentang cara untuk menjalankan file ekstensi .php .

Untuk menjalankan file PHP kita memperlukan sebuah web server pada komputer / laptop kita, jika kalian belum mengetahui tentang web server bisa baca disini. Disini saya menggunakan windows dan web server yang saya gunakan untuk tutorial ini adalah XAMPP, jika ingin mendownload nya bisa disini.

Jika kalian sudah menginstall XAMPP, buka windows explorer dan buatlah sebuah direktori/folder di dalam: C:\xampp\htdocs\namafolder\. Misal saya membuat direktori php maka pathnya:
C:\xampp\htdocs\php\ 
Setelah membuat direktori, buatlah sebuah file berekstensi .php di dalam direktori tersebut, contoh saya membuat file hello.php, maka pathnya:
C:\xampp\htdocs\php\hello.php
Untuk isi file hello.php anda bisa mengcopy scipt php berikut :
<?php for ($i = 0; $i < 10; $i++) {  echo 'Hello World <br>'; }?>

Setelah membuat direktori beserta filenya, berikutnya adalah menjalankan service apache. Untuk mengaktifkan apache buka aplikasi XAMPP dan pilih start pada apache.





===============>

Setelah mengaktifkan apache, buka browser kalian (saya pake chrome) dan ketikan localhost/namafolder pada form url klik nama filenya.


 ==============>

Sekian pembahasan kali ini Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Comments