Cara Menjalankan File PHP

Konversi Sistem Bilangan Part 1 - Ke Desimal


Konversi Sistem Bilangan 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Di postingan saya yang lain saya telah menyampaikan tentang apa itu sistem bilangan dan apa saja yang termasuk sistem bilangan. Maka di post ini saya akan memberitahukan cara untuk mengkonversi setiap satu sistem bilangan ke sistem bilangan yang lain.

Karna ada 4 sistem bilangan yang akan saya jelaskan, maka post ini akan menjadi post berseri dan di seri pertama ini saya akan menjelaskan cara untuk mengkonversi setiap sistem bilangan ke Desimal. Mari kita mulai ....

Mengkonversi Sistem Bilangan ke Desimal

Pengkonversian yang satu ini adalah terbilang cukup mudah, kita bisa menggunakan rumus : 


Wah, ribet ya rumusnya. Tenang sebenernya itu cukup mudah kita hanya perlu memisahkan tiap bilangan dan mengkalikannya dengan masing masing position valuenya. Peletakan position value dimulai dari posisi yang paling kanan. Kemudian menjumlahkan setiap hasil dari perkalian tersebut dan selesailah. Belum paham? Nih saya kasih contoh untuk setiap sistem bilangannya :

  • Biner
Position Value dalam sistem Bilangan Biner merupakan perpangkatan dari nilai 2 (basis), seperti pada tabel berikut ini :


Berarti, Bilangan Biner 1001 perhitungannya adalah sebagai berikut :
10012 = (1 X 8) + (0 X 4) + (0 X 2) + (1 X 1)10012 = 910

  •  Oktal
Position Value dalam Sistem Bilangan Oktal merupakan perpangkatan dari nilai 8 (basis), seperti pada tabel berikut ini :



Berarti, misal bilangan Oktal 1022 perhitungannya adalah sebagai berikut :
10228 = (1 X 512) + (0 X 64) + (2 X 8) + (2 X 1)10228 = 53010

  • Hexadesimal
Position Value dalam Sistem Bilangan Hexadesimal merupakan perpangkatan dari nilai 16 (basis), seperti pada tabel berikut ini : 


Berarti, misal Bilangan Hexadesimal F3DA perhitungannya adalah sebagai 

berikut :
F3DA16 = (15 x 4096) + (3 x 256) + (13 x 16) + (10 x 1)
F3DA16 = 6242610

Okey, sampai sini dulu pembahasan kita tentang konversi sistem bilangan. Di post berikutnya saya akan membahas tentang mengkonversi sistem bilangan ke biner.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Comments